Last Comment

Turbo Comentator

BINGUNG BAHASA ASING ? NO PROBLEM ! INI SOLUSINYA !!!

 

DOWNLOAD BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK GRATIS

BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK
(BSE)
SD-MI, SMP-MTs, SMA-MA, SMK
Silahkan klik langsung pada nomornya!
Bilamana klik pada gambar Buku Terbuka, atau Info/Berita Pendidikan, pastikan akan mendapat banyak manfaat Ilmu Pengetahuan!

DOWNLOAD GRATIS

SD/MI
Kelas

1, 2, 3, 4, 5, 6

SMA/MA
Kelas

10, 11, 12

SMP/MTs
Kelas

SMK
Kelas

10, 11, 12

"Info/Berita Pendidikan"

 

 

 

PASTIKAN SUSAH PEMBUATAN BLOGNYA (PSPB)

Diposting oleh SMA NEGERI 1 KRAKSAAN On 06.27

Ini kisah nyata dari SUHU PSPB RONGGOLAWEZ21 tentang bagaimana susahnya membuat WEBLOG bagi Pelajar yang diajar oleh SUHU sendiri maupun oleh Profesor Muhammad Wasil. Siapa bilang membuat WEBLOG itu susah ? Gampang koook ... ! Eit, eit, eiiit ... you semua sudah salah memberikan testimoni ! Jangan GR dulu ! Ingin tahu kisahnya. Ikuti terus kelanjutannya !

Bilamana hanya sekedar membuat WEBLOG melalui http://www.blogger.com itu sangat mudah. Bilamana ingin dikembangkan ke tayangan yang aneh-aneh tentu memerlukan Ilmu Tersendiri. Tentunya lebih ribet begitu. Meskipun ribet, asalkan sabar, tekun, telaten dan konsentrasi, tentunya ada solusi juga. Letak permasalahannya ada di Pesawat Komputer dan Tangan Jahil Sebagian Pelajar , padahal Speedy sudah sangat diandalkan oleh SMA Negeri 1 Kraksaan sejak Tahun Ajaran Baru 2008/2009. Pesawat Komputer kok disalahkan ? Pelajarnya kok jadi sasaran, apa memang benar demikian adanya ? Hooweee ... !!! Memangnya SUHU suka bohong.

Ah ... ! Ngomong-ngomong kisahnya tak usah panjang-panjang, capek dech. Jadi, singkat kata singkat ceritera saja.
  1. Jumlah Komputernya tak seimbang dengan jumlah murid. Idealnya 1 murid 1 komputer. Lha ini masalahnya, bahkan 1 komputer dikeroyok 5 murid, ya nyonyor komputernya. Lebih tragis lagi Komputernya diuyeg-diuyeg dan diithik-ithik oleh sekitar 750 Anak per hari, mulai Jam 06.45 s.d. 16.00. Padahal SUHU sudah ngalahi mau menemani Murid baik yang diajar oleh Profesor Muhammad Wasil maupun SUHU sendiri, bahkan jam pulang sekolah yang seharusnya jam istirahat dan ada ongkos perhitungannya baik Pihak Sekolah maupun dari Murid itu sendiri, SUHU menggratiskannya alias LAYANAN PRIBADI SEMATA. Bilamana kerja di Perusahaan, oooh tentunya akan menjadi Mesin Uang Yang Luar Biasa bagi SUHU, baik ketika Memandu, Membenahi Yang Rusak, Merawat, Menjaga dan mengelola LABKOM.
  2. Seringkali loadingnya sangat lambat. Penyebabnya, bisa dari Layanan Google itu sendiri yakni jaringan terlalu sibuk, serangan virus yang sedang bikin markas di dalam Komputer terutama Hard Disk, pasca listrik PLN padam tiba-tiba baik dari PLN itu sendiri maupun Meteran Listrik di Sekolah yang seringkali bermasalah, Layanan Speedy Kraksaan masa-masa awal sempat pula bermasalah. Meskipun sudah dibenahi berulang-ilang, namun toh nyatanya ya seperti itu sampai sekarang. Sebenarnya solusinya mudah saja yakni DESIGN ULANG SEDEMIKIAN RUPA, namun sayangnya memerlukan Uang Yang Cukup Besar. Loading lambat bisa pula karena akibat dari ulah sebagian Pelajar itu sendiri, misalnya : asal pencet tombol, duduk tak pedulikan lingkungannya di mana kabel listrik diinjak sampai penyet, konektor kabel UTP ditabrak sana tabrak sini, CPU hidup sodok sana sodok sini, saat hidup tiba-tiba tombol stavolt terbunuh oleh gerakan senam lantai melalui JURUS MABUKNYA NAK-KANAK (KIDS DRUNKEN MASTER). Lagi mabuk, ya tentunya tak sadar ketika gerakannya bisa mengacaukan kondisi Komputer yang sedang aktif panas bekerja, perintah yang satu belum selesai dan dalam proses kerja sudah menyuruh lagi lainnya yang otomatis Programnya dalam Kondisi Capek-Bingung dan Frustasi Berat alias VIOLATED.
  3. Ketidaktelitian sebagian Pelajar ketika bergabung dengan Layanan Google maupun Blogger, di mana tidak mematuhi ketentuan bakunya. Tidak teliti saat SIGN UP alias REGITRASI sebagai Member. Bilamana di awal ada masalah, biasanya cenderung untuk sulit solusinya dan selesainya. Rasain dech elu !!!
  4. Lagi enak-enaknya ngenet atau membuka suatu program, tiba-tiba listrik padam. Urus punya urus, usut punya usut, ternyata Crash dengan LABMULTIMEDIA, padahal yang dihidupkan di LABMULTIMEDIA hanya satu atau dua pesawat, apalagi semuanya. Bilamana sudah begini, seringkali menimbulkan koneksi internet menjadi lambat. Otomatis target pelajaran pada hari itu gagal bahkan gagal total.
  5. Lagi enak-enaknya ngenet, tiba-tiba putus koneksi ngenetnya. Sempat dibikin bingung dan pusing untuk mencari sebabnya. Ternyata ada yang mencabut Modemnya, atau Membunuh Stavolt Modemnya.
  6. Pernah 3 minggu berturut-turut koneksi internet gagal total. SUHU sempat bingung dan Mr. Wasil juga sempat bingung, sebab hasil deteksi menyatakan tidak ada pengaturan Jalur TCP/IP-nya maupun Lain-Lainnya alias semuanya beres sehat wal 'afiyat. Bilamana sudah demikian rasanya ingin berteriak lantang. Mau teriak, nanti dikiranya ORANG GENDENG bin SINTING BIN EDAN. Mau menjerit, nanti dikiranya ada apa begitu ... ???? Mau menangis, ah sudah tua kok suka menangis. Malu dech, kecuali dibayar dalam 1 jam senilai Rp 1 milyar. Otomatis bikin bingung, pusing dan sempat stress. Ada yang aneh, mengapa saat pelajarannya Mr. Wasil 85 % sukses ngenetnya dan mengapa pada saat pelajaran SUHU PSPB RONGGOLAWZ21 85 % gagal. Setelah di ujung puncak kebingungan, rupanya penyebabnya sepele yakni HUB LAN dipindahkan ke Ruang WAKASEK tanpa memberitahu ke SUHU. Anehnya Mr. Wasil lupa. Yang memindahkan beliau, namun lupa kalau sudah memindahkan. Anehnya lagi seluruh Makhluk Yang Ada Di Ruang WAKASEK juga tidak pernah memberitahu SUHU bilamana Mr.Wasil telah mengubah jalurnya. Maa Syaa Allooh. Subhaanalllooh. Alhamdu lil-laah akhirnya ketemu juga penyakitnya namun Target Pelajaran SUHU selama 3 minggu gagal total. Yang jelas, dalam berorganisasi itu tidak mudah dan harus terkoordinasi antar bagian agar tidak menimbulkan mis management, misunderstanding dan mis-mis yang lainnya.
  7. Ketika ngenet di LABKOM bermasalah, SUHU menginstruksikan agar ngenet di luar SMA Negeri 1 Kraksaan. Kan membayar ? Memang. Namun bisa ditekan biayanya dengan cara BERKELOMPOK dan Biaya ditanggung bersama. Inipun seringkali bermasalah. Di sekolahan bermasalah. Di luar bermasalah. Kalau sudah begini, SUHU teringat SI XL. Kasihan Manusia, Mau Ngenet Saja Kok Tak Konek Konek. Aaaapaaaaaaaaaaaa ???!!!
  8. Pada saat koneksi internet bermasalah, yang jelas jadinya ngenes berat. Apalagi Materi Pelajaran Kelas XI dan XII sama persis yakni Pelajaran Internet termasuk Pelajaran Membuat Website, minimal dalam bentuk WEBLOG. Kalau sudah begini kondisi situasinya, SUHU sempat bergumam di dalam hati yakni LEBIH ENAK PELAJARAN NON TIK dan Bapak Ibu Guru yang lain tahu apa tidak, paham apa tidak bahwasanya SUHU sudah banyak membantu Pelajaran Mereka. Why ? Khusus di pasca bel pulang, banyak di antara Pelajar ngenet karena ada Tugas dari Guru Ini dan Guru itu. Tragisnya Pelajarnya tak tahu Alamat URL-nya dan Caranya, termasuk Gurunya juga tak tahu. Hanya menyuruh doang. Kalau sudah begini, mau tak mau SUHU harus memandu mereka. SUHU juga banyak mengarahkan mereka di saat Pelajaran TIK, misalnya mengarahkan ke URL mana saja yang cocok untuk dijadikan Sumber Belajar Online Untuk Semua Jenis Pelajaran di Tingkat SMA. Bilamana SUHU menuruti EGO dan Wawasan Sempit, tentunya hanya mengarahkan mereka ke Pelajaran TIK SAJA. Namun tidaklah demikian. Apalagi saat-saat ini, semua Pelajaran harus berbasis TIK alias men-TIK-kan Semua Jenis Pelajaran terutama di bidang Komputer alias Komputerisasi Semua Jenis Pelajaran.
  9. Sebagian Pelajarnya memang malas. Ada yang bergelar : Ketua RT Malas, Istri Ketua RT Malas, Ketua RW Malas, Istri Ketua RW Malas, Camat Malas, Istri Camat Malas, Bupati Malas, Istri Bupati Malas, Gubernur Malas, Istri Gubernur Malas, Presiden Malas, Istri Presiden Malas, Raja Malas, Permaisuri Raja Malas, Ratu Malas, Suami Ratu Malas, Maharaja Malas, Permaisuri Maharaja Malas, dll.
  10. Akhirnya, dikrepeslah kisah ini, jadinya begini,"WEBLOG PELAJAR SMA NEGERI 1 KRAKSAAN TAK AKAN PERNAH TERWUJUD BILAMANA HANYA MENGANDLAKAN INTERNET DI SEKOLAH. MESKIPUN HANYA WEBLOG SEDERHANA, TERNYATA MEMERLUKAN WAKTU PANJANG DAN PENGORBANAN YANG CUKUP BESAR BAIK BAGI GURU TIK ITU SENDIRI, TEKNISI SEKOLAH, PENANGGUNGJAWAB LABKOM ITU SENDIRI DAN PARA PELAJAR SMA NEGERI 1 KRAKSAAN KHUSUSNYA KELAS XI DAN XII. BILAMANA HANYA MENGANDALKAN Mr. WASIL SEORANG, TENTUNYA PELAJARAN PENBUATAN WEBLOG UNTUK KELAS-KELAS YANG BELIAU AJAR BISA JADI BELUM SELESAI JUGA KARENA KENYATAANNYA BANYAK DI ANTARA PELAJAR YANG DIAJAR BELIAU MEMINTA BANTUAN SUHU BAIK GANGGUAN LOADINGNYA, MOUSE MACET, KEYBOARD MACET, CPU MACET, GANGGUAN VIRUS, WINDOWS RUSAK YANG OTOMATIS HARUS INSTALL ULANG, KESULITAN POSTING, KESULITAN GANTI TEMPLATE. DEMIKIAN PULA SEBALIKNYA, BILAMANA HANYA MENGANDALKAN SUHU SEORANG TENTUNYA JUGA TAK BISA DIUJUDKAN WEBLOGNYA KELAS-KELAS YANG SUHU AJAR, KARENA BANYAK GANGGUAN PADA SAAT NGENET DI LABKOM. OTOMATIS MAU TAK MAU, SUHU TETAP MEMERLUKAN KEHADIRANNYA Mr. WASIL. INTINYA ANTARA SUHU PSPB RONGGOLAWEZ21 DENGAN Mr. WASIL SALING MELENGKAPI. ADA BEBERAPA HAL-HAL YANG TAK DIMILIKI OLEH Mr. WASIL, NAMUN SUHU MEMILIKINYA. ADA HAL-HAL YANG TAK DIMILIKI OLEH SUHU, NAMUN Mr. WASIL MEMILIKINYA".
  11. Yang jelas INGIN SUKSES MEMANG HARUS BERENCANA, BERJUANG, BERKORBAN DAN BERTAWAKKAL KEPADA ALLAH SWT.
  12. Selanjutnya maju tidaknya dan sukses tidaknya Proses Pendidikan di SMA Negeri 1 Kraksaan, tidak bisa hanya tergantung kepada Figur Satu (1) Orang Saja. Meskipun dipimpin oleh seorang Kepala Sekolah Sehebat Manapun, tetap akan percuma saja bilamana tidak didukung oleh Seluruh Komponen Warga Besar SMA Negeri 1 Kraksaan. Seremeh apapun penampilan Bapak dan Ibu Guru SMA Negeri 1 Kraksaan, tetap punya peran, tetap punya sumbangsih positif. Demikian pula Staf TU-nya, Komitenya, Wali Murid , Murid Itu Sendiri. Jangankan Warga Besar SMA Negeri 1 Kraksaan, warga luar masyarakat yang tidak bersikap dan bertindak anrchis itupun bentuk ujud sumbangsih yang sangat luar biasa. SMA Negeri 1 Kraksaan yang selama belasan tahun dijuluki Sekolah Ndeso, Guru Ndeso, Wali Kelas Ndeso, Kepala Sekolah Ndeso, MUrid Ndeso, Wali Murid Ndeso, dan Ndeso-Ndeso Lainnya, Sekolah Pinggiran, SMA 79. Namun semuanya itu kini telah sirna. Inipun sungguh memerlukan perjuangan panjang dengan segala suka dan dukanya. Segala sesuatu yang positif bisa berkembang itu yang jelas, ada kisahnya, ada liku-likunya, ada tingkat keruwetannya, ada cobaan ujiannya, ada jatuh bangunnya. Setelah sukses jangan sok, jangan mentang-mentang, ojo dumeh, jangan merasa paling hebat, jangan merasa paling berjasa, jangan merasa paling segalanya, jangan menganggap kecil dan remeh terhadap sesamanya meskipun kelihatannya memang remeh. SMA Negeri 1 Kraksaan dinyatakan sebagai SMA Negeri Favorit di Kabupaten, butuh waktu panjang. Kini masuk ke status Rintisan Sekolah Standar Nasional (RSSN) dan Rintisan Sekolah Kategori Mandiri (RSKM), serta kini membidik ke tingkat status yang paling tinggi yakni Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI). Bilamana tidak ada pondasi dari 6 Orang Kepala Sekolah sebelum Era Bapak Drs. H. M. NASOR, MM (Bapak Astomo, Bapak Karyasa, Bapak Soemadi al Soemadijanto, Bapak Priyanto, Bapak Syafiuddin dan Bapak Mas'ud) tentunya SMA Negeri 1 Kraksaan tak akan pernah mampu untuk diajak berpacu keras dalam kecepatan 313 km/jam di beberapa tahun terakhir ini yakni 2005/2006, 2006/2007, 2007/2008, 2008/2009. Dengan kondisi situasi yang seperti ini, maka PARA CALON MURID BARU SMA NEGERI 1 KRAKSAAN SEDINI MUNGKIN HARUS DIPERSIAPKAN KUALITASNYA, SEBAB TINGKAT PERSAINGAN AKAN LEBIH BERAT DI MASA YANG AKAN DATANG.
  13. Sementara ini dulu kisahnya. Entah bisa dilanjut apa tidak kisahnya, apa katanya nanti sajalah. ALLOOHU AKBAR ALLOHU AKBAR ALLOOHU AKBAR WA LIL LAAHIL HAMDU 3x.

Category : , | Read More......

3 Response to "PASTIKAN SUSAH PEMBUATAN BLOGNYA (PSPB)"

  1. pharnaw Said,

    Salut untuk perjuangan yang tanpa lelah, semoga semakin sukses !

     

  2. Lintang PhP Said,

    Ya Allah..
    sgtu brtna yah pak,,
    heheheee..
    maju trus pak^_^

     

  3. Sabar semuanya ... banyak kegiatan sekolah yang belum diabadikan di sini. Termasuk Pencak Silat. Bertahap. Salam sukses semua ! Selamat berjuang demi hidup yang lebih baik baik lahir maupun batin, dunia maupun akhirat !

     

Posting Komentar

No Spam, Sara, etc. Thanks

About School

Foto saya
Menuju Sekolah Idaman Sepanjang Zaman * Tahun 1978 s.d. 2005/2006 sebagai SMA Standar Umum. * Tahun 2006/2007 s.d. 2008/2009 sebagai Rintisan Sekolah Standar Nasional (RSSN) dan Rintisan Sekolah Kategori Mandiri (RSKM). * Membidik Sekolah Bertaraf Internasional.

Clock

Followers

Pesan dan Kesan



Link of SMAN 1 Kraksaan

Copy This Code for Your Web
Copy This Code for Your Web